Selasa, 04 November 2014

KANKER



Membaca kata di atas saja sudah membuat jantung nyut-nyutan. Belum lagi bila kita menderita penyakit ini. Fuih… Kanker, adalah penyakit yang menakutkan, karena yang terbayang pertama adalah nyawa bisa melayang, biaya yang teramat mahal dengan kemungkinan sembuh 50%, pengobatan yang menyakitkan dan kanker bisa kambuh bila pola hidup tidak dijaga.


Sebetulnya apakah kanker itu ?



sumber :Lab. Prima Diagnostics
Kanker adalah penyakit yang berasal dari sel-sel tubuh kita yang cacat dalam perkembangannya. Umumnya sel tubuh kita berkembang menjadi dewasa, membelah diri dan kemudian mati. Tidak demikian dengan sel kanker yang memang ada di tubuh setiap kita. Ia tidak menjadi dewasa, ia terus muda dan membelah diri dengan kecepatan dan pertumbuhan yang luar biasa dan tak pernah mati.


Sel-sel cacat tersebut kemudian bergerombol membentuk tumor (hanya beberapa jenis kanker yang tidak berupa tumor, salah satunya leukimia). Ada tumor yang tidak mengandung sel kanker sering disebut tumor jinak, dan ada tumor dengan sel kanker yang hidup dan berkembang di dalamnya. Tumor jenis ini disebut tumor ganas. Dengan mendapat makanan dari tubuh kita, tumor ganas berkembang dengan cepat dan mulai mengganggu organ tubuh lain karena sel kanker dapat menjalar ke bagian tubuh lain lewat pembuluh darah dan kelenjar getah bening atau sistem limpatik.


Normalnya, pada proses pembelahan, sel dikendalikan oleh gen yang terletak pada inti sel. Mereka berfungsi seperti buku instruksi yang memerintahkan sel, protein apa yang harus dibuat, bagaimana cara sel membelah diri dan berapa lama usia mereka. Kode genetik ini bisa rusak akibat beberapa faktor yang kemudian menimbulkan cacat dalam buku instruksi tersebut. Cacat ini dapat secara dramatis mengubah fungsi sel. Bukannya berhenti, namun terus menerus membelah diri, bukannya mati, sel tersebut terus bertahan hidup.


Judul : Pembelahan Sel, Sumber : Wikipedia           


Beberapa mekanisme dalam tubuh kita bekerja untuk mencegah kerusakan genetik ini terjadi dan untuk menyingkirkan sel cacat secara genetis dari dalam tubuh. Namun pada beberapa orang, sistem  imun tubuhnya kurang dan populasi sel cacat bisa saja lolos dari kendali tubuh. Maka sel-sel kanker  kemudian bergerombol dan bersama-sama mulai menghancurkan jaringan tubuh yang sehat atau normal.


Sel-sel kanker membutuhkan nutrisi untuk bertahan dan bertumbuh. Banyak tipe kanker dapat menstimulasi pertumbuhan pembuluh darah untuk menyediakan bahan makanan yang mereka butuhkan. Bahkan kata kanker itu sendiri berasal dari bahasa latin Cancri yang berarti kepiting. Hal ini dikarenakan bentuk pembuluh darah yang besar yang mengelilingi tumor dianggap berbentuk seperti capit serta kaki-kaki kepiting bagi orang-orang jaman dahulu.


Kanker adalah salah satu penyakit yang berasal dari luar tubuh kita. Pola hidup yang tidak teratur; sering tidur malam, stress, jam kerja lebih dari 12 jam, kurang olahraga dan diet ketat dapat membuat sistem imun tubuh kita melemah. Apalagi ditunjang dengan pola makan yang tidak sehat, merokok dan makan makanan yang kurang bernutrisi akan melemahkan sel imun tubuh sehingga tidak dapat bekerja optimal menghancurkan sel kanker.


Sel kanker tumbuh setidaknya 5-10 kali pada seumur hidup kita. Dalam perkembangannya, sel kanker dapat dihancurkan oleh sel imun tubuh yang menjaga kebugaran kita selama 24 jam. Tetapi sel kanker dapat tumbuh, menyebar dan berkembang lagi di bagian tubuh yang lain. Bila pola hidup dan pola makan kita teratur dan baik, maka sel imun kita akan kuat dan dapat menghancurkan sel kanker. Karena tubuh kita adalah dokter yang luar biasa yang menjaga kita dari serbuan sumber penyakit dari dalam dan luar tubuh kita.


Dengan mendapatkan nutrisi dari luar tubuh kita berupa virus, bakteri, parasit, kuman dan zat-zat kimia yang kita hirup tanpa sengaja ataupun kita minum dan makan seperti pewarna makanan dan pengawet makanan, timbal dari polusi, hair spray, parfum, obat pembunuh serangga dll. Juga dari obat-obatan kimia yang kita konsumsi sepanjang hidup kita, akan membuat sel kanker tumbuh subur, kuat dan membelah diri dengan kecepatan luar biasa.

Seperlima kanker di seluruh dunia terjadi akibat infeksi kronis, terutama dari virus Hepatitis B HBV (penyebab kanker hati), Human Papilloma Viruses HPV (penyebab kanker serviks/mulut rahim), Helicobacter Pylori (Penyebab kanker perut), Schistosomes (penyebab kanker kandung kemih), The Liver Fluke (kelenjar empedu) dan HIV (Kaposi sarcoma dan limpoma).




BEBERAPA FAKTA TENTANG KANKER




  1. Tiap orang mempunyai sel kanker. Sel kanker ini tidak tampak dalam pemeriksaan standar  sampai sel-sel ini berkembang biak hingga berjuta jumlahnya. 
  2. Pada saat dokter memberitahu pasien bahwa 'tidak ada sel kanker lagi' setelah menjalani pengobatan, itu artinya pemeriksaan yang dilakukan sudah tidak dapat mendeteksi sel-sel kanker karena sel-sel tersebut sudah berada di bawah ukuran/jumlah yang dapat terdeteksi. 
  3. Sel kanker tumbuh antara 6 sampai lebih dari 10 kali dalam jangka waktu hidup manusia.
  4.  Pada saat kekebalan tubuh seseorang tinggi, sel-sel kanker akan dihancurkan dan dicegah sehingga tidak dapat bertambah banyak dan membentuk tumor. 
  5.  Pada saat seseorang menderita kanker ini menunjukkan bahwa orang tersebut mengalami beberapa kekurangan nutrisi. Ini dapat terjadi karena faktor genetika, lingkungan, makanan dan cara hidup. 
  6. Untuk menanggulangi kekurangan nutrisi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dapat ditempuh dengan merubah diet (cara makan) dan menambahkan asupan suplemen. 
  7. Kemoterapi, meracuni sel kanker yang bertumbuh cepat, tapi pada saat yang sama juga menghancurkan pertumbuhan sel sehat dalam tulang sumsum, gastrointestinal tracts (saluran pencernaan) dan lain-lain, dan dapat menyebabkan kerusakan pada organ-organ lain, seperti hati, ginjal, jantung, paru-paru dan lain-lain. 
  8. Juga bisa merusak sel saraf dan sel otak mengalami kemunduran, menyebabkan penurunan daya ingat. Beberapa panca indera mengalami penurunan fungsi seperti berkurangnya daya dengar dan daya lihat. 
  9. Sedangkan radiasi, bersamaan dengan fungsinya yang menghancurkan sel kanker, juga menyebabkan luka bakar, meninggalkan bekas luka, dan merusak sel, tisu, dan organ yang sehat. 
  10. Perawatan dini dengan kemoterapi dan radiasi dapat mengurangi ukuran tumor. Namun penerapan kemoterapi dan radiasi yang berkepanjangan tidak akan menghasilkan pengurangan tumor lebih lanjut. 
  11. Pada saat tubuh menanggung beban racun yang berlebihan dari kemoterapi dan radiasi, sistem kekebalan tubuh akan terancam atau hancur, karena itulah seseorang akan mengalami berbagai macam infeksi dan komplikasi. 
  12. Kemoterapi dan radiasi dapat menyebabkan sel kanker bermutasi dan menjadi tahan dan sulit untuk dihancurkan. Operasi juga dapat menyebabkan sel kanker menyebar ke tempat-tempat lainnya. 
  13. Cara efektif untuk melawan kanker adalah dengan membuatnya kelaparan, yaitu dengan cara tidak memberikan makanan yang dibutuhkan dalam sel untuk dapat berkembang biak.



GEJALA ATAU TANDA-TANDA ADANYA KANKER  


Agar tidak terlambat dalam menangani atau mendeteksi penyakit berbahaya ini, maka tak ada salahnya jika Anda waspada sejak dini. Salah satunya adalah dengan mewaspadai 20 gejala berikut ini.


1.  Nafas pendek atau disertai dengan bunyi ‘menciut’. Salah satu tanda pertama yang biasanya didapat pada penderita kanker paru-paru adalah adanya gangguan pada pernafasan.


2.   Batuk kronis atau sakit di dada. Beberapa jenis kanker, termasuk leukemia, atau tumor paru-paru, bisa tampak dari gejala batuk yang parah atau bronkhitis. Beberapa pasien kanker paru-paru melaporkan sakit pada dada yang menjalar pada bahu hingga lengan bawah sebagai awal dari penyakit yang mereka derita sekarang.


3.   Demam atau infeksi berkala bisa menjadi salah satu gejala leukemia, kanker darah yang menyerang sumsum tulang. Leukemia menyebabkan sumsum memproduksi sel darah putih abnormal yang mampu melemahkan ketahanan tubuh untuk menangkis berbagai infeksi.


4. Kesulitan menelan berhubungan erat dengan kanker tenggorokan, dan terkadang merupakan tanda mula-mula dari adanya kanker paru-paru.


5.  Kelenjar getah bening membengkak atau bengkak di leher, lengan bawah, atau kunci paha. Pembengkakan getah bening mengindikasikan adanya perubahan pada sistem kerja kelenjar tersebut, yang bisa jadi menandakan adanya gejala penyakit kanker.


6.  Timbulnya luka berlebihan atau berdarah yang tidak kunjung berhenti, ini biasanya dikaitkan dengan ada yang tidak beres dengan trombosit atau sel darah merah, yang menandakan rawan timbulnya leukemia. Dari waktu ke waktu, sel leukemia mendesak keberadaan sel darah merah dan trombosit dan memperlemah kemampuan darah untuk mengalirkan oksigen.


7.   Kelelahan.  Secara umum kelelahan dan tubuh lemah merupakan gejala dari semua jenis kanker bila dipadukan dengan gejala lainnya. Namun, jika Anda mengalami kelelahan tanpa sebab yang jelas dan tidak membaik dengan istirahat banyak sekalipun, maka segeralah temui dokter.


8. Perut menggembung. Wanita yang didiagnosa mengidap kanker ovarium biasanya melaporkan adanya penggembungan pada bagian perut yang tidak diketahui sebabnya, dan hal ini biasanya terjadi dalam waktu yang cukup lama.


9.  Merasa kenyang dan tak bisa makan juga merupakan tanda mula-mula adanya kanker ovarium. Pengidap gejala ini mengatakan bahwa mereka bisa hilang nafsu makan dan tidak makan untuk beberapa waktu lamanya.


10. Sakit pada bagian perut atau pelvic sering menunjukkan tanda-tanda bahaya kanker ovarium. Leukemia juga bisa diawali dengan sakit pada bagian perut yang menimbulkan pelebaran bagian limpa.


11. Pendarahan pada area sekitar dubur. Yang ini umumnya merupakan gejala dari kanker colorectal (kanker yang ada di saluran pencernaan, antara usus besar dan dubur). Darah yang keluar tanpa sebab jelas harusnya merupakan alasan kuat untuk segera menghubungi dokter.


12. Kehilangan berat badan drastis tanpa sebab. Kebanyakan wanita bakal melonjak kegirangan bila berat badannya turun drastis. Namun, hati-hati, karena hal ini merupakan tanda adanya gangguan pada usus besar dan pencernaan. Juga merupakan tanda adanya gangguan pada hati, yang mempengaruhi nafsu makan Anda dan kemampuan darah untuk membersihkan kotoran dalam tubuh.


13. Sakit perut berlebihan bisa menjadi tanda timbulnya kanker colorectal.


14. Payudara merah, sakit dan bengkak bisa menjadi gejala yang menandakan adanya peradangan pada bagian dada/ payudara. Segera hubungi dokter bila hal ini menimpa Anda.


15. Puting susu berubah. Salah satu gejala yang paling diingat oleh penderita kanker payudara adalah bahwa puting susu mereka tampak rata, miring, atau terbalik.


16. Rasa sakit yang berlebihan selama menstruasi. Banyak wanita melaporkan hal ini sebagai peringatan adanya kanker endometrium atau kandungan.


17. Wajah bengkak. Beberapa pasien kanker paru-paru melaporkan timbulnya bengkak atau iritasi pada wajah. Sel tumor paru-paru yang terkecil sekalipun bisa memblokir aliran darah pada bagian dada, mencegah darah mengalir dengan bebas ke bagian wajah dan kepala.


18. Luka pada kulit yang tak kunjung sembuh, malah menjadi keras, atau mudah berdarah. Ini bisa menjadi indikasi adanya kanker kulit.


19. Perubahan tanpa sebab pada bagian kuku bisa menjadi peringatan bagi banyak jenis kanker, misalnya warna kuku dicemari dengan noda atau titik hitam atau cokelat, merupakan tanda adanya kanker kulit. Sedangkan kuku pucat bisa menjadi tanda adanya kanker hati.


20. Sakit punggung atau punggung bagian kanan bawah. Banyak pasien kanker mengklaim ini adalah gejala awal dari timbulnya kanker hati. Kanker payudara juga bisa bermula dari sakit punggung, karena adanya tumor pada payudara yang menekan bagian dada ke belakang.




TIPS MENGURANGI RESIKO TERKENA KANKER




1.   Normalkan kandungan vitamin D dalam tubuh Anda dengan membiarkan tubuh mendapat banyak sinar matahari dan berhati-harilah memilih suplemen bila Anda tidak sempat berjemur.


2.  Kurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak gula dan karbohidrat, juga makanan kemasan. Pilihlah makanan organik yang menyehatkan, bebas bahan pengawet dan bebas pestisida juga.


3.   Rajinlah mengontrol kadar insulin dan letin Anda.


4.  Normalkan kandungan omega-3 hingga omega-6 Anda dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kandungan tersebut.


5.   Berolahragalah secara teratur.


6.   Tidur cukup dan berkualitas.


7.   Makanlah makanan bergizi yang sesuai dengan jenis darah Anda.


8.   Jauhkan diri dari lingkungan kotor dan penuh radiasi atau polusi.


9. Kurangi penggunaan alat teknologi yang radiasinya bisa merusak tubuh, seperti handphone.


10.  Kurangi makan makanan gorengan, Sebaiknya pilih yang direbus atau dikukus saja.


11. CDC (Center for Disease Control) mengatakan bahwa 85% penyakit disebabkan oleh emosi buruk. Jadi kurangi stres.

12.  Sesekali konsumsilah makanan mentah.




APA SAJA MAKANAN SEL KANKER?



1.  Gula adalah umpan kanker. Dengan mengurangi gula, berarti juga mengurangi suplai makanan penting bagi sel kanker. Pengganti gula seperti NutraSweet, Equal, Spoonful, dll dibuat dengan aspartam dan itu sangat berbahaya. Pengganti yang lebih natural yaitu madu Manuka atau molasses, tapi dalam jumlah yang sangat sedikit. Garam meja memiliki bahan kimia yang ditambahkan untuk membuatnya berwarna putih. Alternatif yang lebih baik adalah bragg aminos atau garam laut.


2.  Susu membuat tubuh memproduksi mucus, terutama di saluran gastro-intestinal. Kanker diberi makan pada lendir. Dengan mengurangi susu dan menggantikan dengan susu kedelai tawar, sel kanker akan kelaparan.


3.  Sel kanker tumbuh dengan subur di lingkungan asam.


Diet berbasis daging mempunyai kadar asam yang sangat tinggi, yang terbaik adalah makan ikan, sedikit ayam daripada sapi atau babi. Daging juga mengandung antibiotik ternak yang menumbuhkan hormon dan parasit yang berbahaya, terutama bagi penderita kanker.


4.  Diet dengan 80% sayur dan buah segar, biji-bijian, kacang-kacangan dan sedikit buah akan membantu menjadikan tubuh dalam lingkungan alkalin. Sekitar 20%  diperoleh dari makanan matang termasuk kacang. Sayur segar menyediakan enzim hidup yang mudah diserap dan mencapai tingkat seluler dalam waktu 15 menit tidak ada urish dan meningkatkan pertumbuhan sel sehat. Untuk memperoleh enzim hidup untuk membangun sel sehat, cobalah minum jus sayur segar (semua sayuran termasuk kecambah) dan makanlah sejumlah sayuran mentah 2 atau 3 kali sehari. Enzim rusak pada temperature 104 derajat F (40 derajat C).


5.  Hindari kopi, teh dan coklat, karena mengandung kafein yang tinggi. Teh hijau adalah alternatif yang lebih baik melawan kanker. Cara terbaik untuk minum air murni, atau disaring, untuk menghindari racun dan logam berat yang banyak pada air ledeng. Distilled terhindar dari air asam/acidic.


6.   Protein daging sulit untuk dicerna dan membutuhkan banyak enzim pencernaan. Daging yang  tidak tercerna, tersisa di dalam usus menjadi membusuk dan menyebabkan penumpukan toxin/racun. 


7.  Dinding sel kanker memiliki penutup protein yang tangguh. Dengan menghindari makanan yang mengandung sedikit daging dapat membebaskan  enzim untuk menyerang dinding protein sel kanker dan memberi keleluasaan sel pembunuh tubuh kita menghancurkan sel-sel kanker.


8. Beberapa suplemen menaikan sistem kekebalan tubuh (IP6, Flor-ssence, Essiac, anti-oksidan, vitamin, mineral, EFAs dll) sehingga memungkinkan sel-sel pembunuh dalam tubuh menghancurkan sel-sel kanker. Suplemen lain seperti Vitamin E diketahui menyebabkan apoptosis, atau sel mati terprogram, yaitu metode tubuh normal membuang sel  rusak, sel yang tidak diinginkan atau tidak dibutuhkan.


9.  Kanker adalah penyakit yang melibatkan pikiran, tubuh dan jiwa. Jiwa yang proaktif dan positif akan membantu penderita kanker untuk sembuh. Kemarahan, tidak memaafkan dan kepahitan menjadikan tubuh dalam lingkungan yang stres dan asam. Belajarlah untuk memiliki jiwa mencintai dan memaafkan. Belajarlah untuk bersantai dan menikmati hidup.


10. Kanker tidak dapat berkembang dalam lingkungan beroksigen. Berolahraga setiap hari, dan bernapas dalam membantu mendapatkan oksigen lebih banyak dalam menambah jumlah sel sehat. Terapi oksigen adalah cara lain untuk menghancurkan sel kanker.




APA PERAN SISTEM IMUN DALAM MEMBUNUH SEL KANKER ?



Setiap hari sel kanker muncul dalam tubuh kita, setidaknya sel kanker berkembang  kurang lebih 300 sel kanker per hari. Sistem imunlah yang membunuh sel-sel kanker tersebut dalam tubuh kita. Tuhan telah ciptakan sistem imun dalam tubuh setiap manusia yang berfungsi menyembuhkan tubuh dari serangan sel kanker, bakteri, virus, parasit dan sebagainya.




Jika memang ada sistem imun yang membunuh sel kanker, mengapa kita bisa terserang penyakit kanker?


Ada beberapa faktor yang menyebabkan sistem imun kita tidak bekerja sebagaimana mestinya: stress, kurang olahraga, kurang istirahat, polusi udara dan pola makan (fast food, makan tidak teratur, sering konsumsi obat-obatan). Faktor-faktor ini mengakibatkan sistem imun melemah, sehingga ketika sel kanker datang, sel-sel imun tersebut tidak bisa membunuhnya yang mengakibatkan sel-sel kanker berkembang dan membentuk koloni dalam tubuh. 



Kanker merupakan salah satu penyebab kematian utama dunia dan terhitung sekitar 7,6 juta (13%) angka kematian di tahun 2008. Tipe utama kanker yang menjadi penyebab utama kematian akibat kanker adalah:


Lebih dari 70% dari seluruh kematian akibat kanker pada tahun 2008 terjadi di negara berpendapatan rendah hingga menengah. Kematian akibat kanker terus meningkat, dengan perkiraan sekitar 13,1 juta jiwa sekarat pada tahun 2030



Tipe kanker yang paling sering ditemui di seluruh dunia adalah:





DIANTARA PRIA
 (urutan penyebab kematian global):

01 Paru-paru
02 Hati
03 Perut
04 Kolorektal
05 Esofagus/Kerongkongan
06 Prostat
  



DIANTARA WANITA
(urutan penyebab kematian global):

01 Payudara
02
Paru-paru
03 Kolorektal
04 Servikal/Mulut Rahim
05 Perut
06 Hati





Yuk, kita menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat sejak dini agar dapat mengurangi resiko terjangkitnya kanker pada diri dan keluarga kita. Kendalikan sistem imun kita tetap dalam keadaan baik dan terkendali, agar secara otomatis dapat menghancurkan sel kanker yang akan bertumbuh kembang. Budayakan olah raga secara teratur walaupun di tengah padatnya kesibukan sehari-hari.


Terakhir, tetap bersyukur pada Tuhan dan berpikir positif terhadap segala yang berlangsung dalam hidup kita. Selamat beraktivitas !!




Sumber Bahan :
1. Wikipedia
2. Parkway Cancer Center
3. M. Arya Wijaya, Facebook








2 komentar:

  1. mari hidup sehat mak ^^
    tapi aku gak turun bb kok..biasa aja... #serius
    kalo getah bening suka gitu tambah gemuk tapi jadi gemuk g sehat .___.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho, kamu sakit kanker getah bening ? Di manakah ? Di leher ? Stadium berapa dan sekarang therapy apa ?
      Semangat yaaa... Semoga lekas sembuh...

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...